panel surya

4 Hal Utama yang Perlu Diperhatikan Dalam Pemasangan Panel Surya

Listrik menjadi kebutuhan pokok yang membantu berbagai kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Inilah yang membuat permintaan energi listrik semakin meningkat sehingga diperlukan sumber energi listrik alternatif agar kebutuhan energi listrik dapat selalu terpenuhi. Salah satu sumber energi listrik yang mulai banyak digunakan adalah cahaya matahari dengan menggunakan panel surya.

Apa Itu Panel Tenaga Surya?

Panel tenaga surya adalah sebuah alat yang mampu menghasilkan energi listrik melalui energi yang dihasilkan oleh cahaya matahari. Panel tenaga surya dapat menghasilkan listrik karena menggunakan sebuah teknologi yang bernama teknologi fotovoltaik. Teknologi fotovoltaik inilah yang bertugas untuk mengkonversi radiasi matahari menjadi energi listrik.

Panel surya sendiri saat ini mulai banyak digunakan karena berbagai keunggulan serta manfaatnya. Beberapa manfaat dari panel tenaga surya diantaranya adalah lebih hemat tagihan listrik konvensional, tidak menimbulkan polusi apapun, tidak beresiko mengalami kelangkaan, hingga jauh lebih ramah lingkungan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Pemasangan Panel Tenaga Surya

  • Jenis Panel yang Akan Digunakan

Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan memasang panel tenaga surya adalah tentu jenis panel tersebut. Panel tenaga surya terbagi menjadi tiga jenis, yaitu monocrystalline silicon, thin film solar cell, dan polycrystalline silicon. Setiap jenis ini memiliki efisiensi yang berbeda, mulai dari yang tertinggi yaitu monocrystalline silicon dan yang terendah thin film solar cell.

Karena efisiensinya berbeda-beda, hal ini tentu juga akan mempengaruhi harga dari setiap jenis panel surya. Untuk itu, jenis panel tenaga surya harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Entah itu dari segi kualitas, efisiensi, ukurannya, hingga harganya agar sesuai dengan budget yang disiapkan.

  • Lokasi Pemasangan Panel

Kemudian, lokasi pemasangan panel juga perlu diperhatikan dengan benar. Seperti yang kita ketahui, panel tenaga surya membutuhkan sinar matahari untuk menghasilkan energi listrik. Karenanya, panel tenaga surya harus dipasang di tempat yang strategis dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Pastikan lokasi pemasangan juga tidak terhalang apapun.

  • Atap Lokasi Pemasangan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, lokasi pemasangan panel tenaga surya yang terbaik adalah pada atap bangunan. Namun, tidak sembarang atap bangunan dapat menopang panel tenaga surya. Maka dari itu, pastikan atap yang digunakan sebagai lokasi pemasangan ini memiliki struktur atap yang kuat untuk menopang panel tenaga surya.

  • Pilih Perusahaan Terbaik

Karena peminatnya yang semakin membludak, saat ini mulai banyak bermunculan perusahaan yang menyediakan panel tenaga surya dengan harga dan kualitas yang beragam. Oleh sebab itu, pastikan untuk memilih dengan baik panel tenaga surya dari perusahaan yang telah berpengalaman dan terpercaya.

SUN Energy merupakan salah satu perusahaan penyedia panel surya dengan kualitas terbaik dengan harga yang bersaing. Jika Anda ingin mulai menggunakan sumber energi listrik alternatif dengan panel tenaga surya, tidak ada salahnya menggunakan panel dari SUN Energy yang bisa didapatkan hanya dengan DP 0%.

Informasi lebih lanjut terkait panel surya kunjungi : sunenergy.id

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *