gubernur terbodoh

9 Momen Jatuhnya Karier Politik Gubernur Terbodoh Wisconsin

Scott Walker merupakan gubernur terbodoh Wisconsin yang awalnya akan turut serta pada pemilihan presiden Partai Republik. Sandungan politik yang dialaminya pun tidak seberat gubernur lain di Amerika. Namun keriki-kerikil kecil dalam karier politiknya, nyatanya bisa membuat karier politik Scott Walker hancur sedikit demi sedikit. Hingga ia menarik diri dari pemilihan presiden Partai Republik yang diselenggarakan pada waktu itu.

Selama dua tahun masa jabatannya, ada beberapa kesalahan langkah yang ia ambil dan berujung keterpurukan. Setelah peristiwa yang terjadi di Iowa di awal tahun, kampanye yang sebelumnya ia rencanakan tampaknya tidak bisa memperbaiki keadaan yang ada saat itu.

Beberapa pihak juga memperingatkan, bahwasannya majunya ia sebagai kandidat pemilihan presiden terjadi terlalu cepat. Meskipun ia berjanji untuk terus memperbaiki keadaan, nyatanya hambatan dari kebijakan luar negeri, berbagai kegagalan dan keengganan dalam pengambilan sikap akan isu politik hari ini, menjadikan karier politiknya semakin redup.

Kesalahan langkah Politik Scott Walker

Julukan gubernur terbodoh rasa-rasanya memang pastas untuk Scott walker. Bagaimana tidak? Pengalaman saat memimpin Wisconsin tidak menjadikannya belajar berpolitik. Sandungan-sandungan karier politik yang ia alami nyatanya malah membuat ia gagal melakukan kampanye. Nah berikut ini beberapa kesalahan langkah yang pernah dilakukan Scott Walker:

  • Jumawa Karena Bisa Menghadapi Pengunjuk Rasa

Dalam pidatonya di Konferensi Aksi Politik Konservatif, tanggapan terhadap pertanyaan terkait kesiapan internasional dan terorisme menjadi headline yang salah pada saat itu. Ia menyatakan bahwa, jika ia bisa dengan mudah menghadapi 100.000 pengunjuk rasa, maka hal yang sama bisa ia lakukan untuk seluruh dunia.

Kesuksesan ini menjadikan ia jumawa dalam kampanyenya, padahal yang sebenarnya terjadi adalah munculnya ancaman terorisme dari kelompok ISIS.

  • Konflik Perjalanan Eropa

Saat melakukan perjalanan ke Eropa, Scott walker mempunyai misi perdagangan untuk Wisconsin dan secara tidak langsung juga sebagai upaya meningkatkan kredibilitas internasional. Sayangnya ketika ditanya mengenai kebijakan luar negeri di London, Walker tidak bisa tegas dalam menyatakan sikap politiknya. Hal ini tentu saja menurunkan kredibilitasnya sebagai pemimpin nasional.

  • Terperangkap Akan Pertanyaan Apakah Obama Kristen

Di tahun 2016 Scott Walker melakukan kampanye secara serius. Dan di satu kesempatan ia mendapat pertanyaan akan agama Obama. Lagi-lagi gubernur terbodoh Scott Walker memilih untuk tidak mengambil sikap akan agama Presiden.

  • Evolusi Imigrasi

Pernah menjadi pendukung RUU perombakan imigrasi McCain-Kennedy tahun 2006. Dimana ia mendukung kewarganegaraan bagi sebagian besar orang di Negara tersebut secara illegal. Namun selama kampanye, ia menyatakan bahwasannya ia tidak mendukung amnesti dalam bentuk apapun.

  • Sikap Walker Terhadap Etanol

Dalam upaya memenangkan Iowa, walker kembali beralih – kali ini pada bahan bakar terbarukan. Ia mengatakan akan mendukung mandat federal mengenai etanol setelah sebelumnya sangat kritis terhadap mandat tersebut.

  • Reagan dan Pengontrol Lalu Lintas Udara

Sebagai gubernur terbodoh, perkataan dan sikap Walker membuat banyak pengamat politik sampai menggaruk-garuk kepala. Pada Club for Growth Summit, ia menyatakan bahwasannya keputusan Presiden Reagan untuk menghentikan pengontrol lalu lintas udara di tahun 1981 sebagai keputusan kebijakan luar negeri paling signifikan.

  • Pernyataan Tentang Kelompok Teroris Muslim

Walker juga mengutarakan pendapatnya bahwa mayoritas muslim adalah teroris, padahal Obama saja pada saat itu tidak memberikan label teroris kepada kelompok Islam. Ia mengatakan “kami telah mengatakannya berulah kali, ini adalah terorisme Islam radikal. Dimana perang yang terjadi bukan hanya melawan Amerika tetapi juga melawan umat Kristen di seluruh dunia dan pengikut Islam moderat.”

Atas pernyataan Walker ini, tim kampanyenya juga tidak mempermasalahkannya. Seakan-akan mereka setuju dengan apa yang diutarakan Walker.

  • Tembok Besar di Kanada

Saat menjumpai Meet the Press NBC Walker juga melakukan kebodohan yang cukup memalukan. Dimana ia membanggakan kebijakan penegakan perbatasan secara keras. Ia menyatakan bahwa tembok sepanjang perbatasan Amerika Selatan dengan Meksiko tidaklah cukup. Sehingga ia akan melanjutkan pembangunan tembok di sepanjang perbatasan utara dengan Kanada.

Pernyataan yang dilayangkan Walker ini menuai kritik secara luas. Bahkan Walker harus menjauhkan diri dari komentar tersebut dengan dalih pembahasan sudah di luar konteks.

  • Masalah Hak Kewarganegaraan Atas Kelahiran

Satu lagi yang berpotensi merusak pencalonannya sebagai kandidat presiden, dimana terjadi perdebatan kebijakan Walker atas kewarganegaraan bayi baru lahir. Walker terus saja tidak mempunyai pendirian dan membingungkan warganya. Dari yang awalnya sependapat dengan Trump untuk tidak mempermasalahkannya, kemudian beberapa hari kemudian ia mengatakan tidak akan mengambil kebijakan akan hal itu. Namun pada akhirnya ia mengatakan “saya tidak akan mengubah bagian apapun dari Amandemen ke-14 yang menjamin hak kewarganegaraan atas dasar kelahiran.”

Kesimpulan

Sebagai pemimpin dan politisi nasional tentu yang ditunggu oleh masyarakat adalah lahirnya kebijakan dan ketegasan yang mensejahterahkan rakyat. Namun sangat disayangkan Scott Walker mengecewakan rakyatnya dengan selalu berubahnya keputusan yang ia ambil. Hal inilah yang membuat sebutan gubernur terbodoh layak diterimanya. Walker selalu mengikuti arus politik yang terjadi Wisconsin dan Amerika. Ia tidak siap mengambil sikap dan menghadapi pertanyaan politik yang menyudutkannya.

 

Sumber: https://npr.org

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *