solid engineering door

Kelebihan dan Kekurangan Solid Engineering Door

Solid engineering door ialah pilihan pintu yang bisa kamu pilih sebagai alternatif dari pintu kayu konvensional. Sesuai dengan namanya, pintu kayu konvensional adalah pintu yang bahan bakunya 100% menggunakan kayu keras yang berasal dari alam. Karena permintaan yang terus saja meningkat, pintu kayu konvensional tentu tidak bisa mencover semua kebutuhan pasar. Dan menjadikan bahan baku yang bagus pun menjadi lebih sulit untuk kamu jumpai.

Nah solid engineering door adalah pintu yang terbuat dari olahan limbah kayu yang diproses sedemikian rupa menggunakan mesin. Pintu ini juga sebagai solusi yang efektif dari permasalahan-permasalahan yang sering muncul dari pintu konvensional. Misalnya jika kamu pakai pintu kayu biasa maka sifatnya mudah sekali melengkung, retak, menyusut dan sebagainya. Sehingga kurang nyaman apabila kamu gunakan di rumah tinggalmu.

Solid engineering door berbeda dari pintu kayu solid konvensional. Yang harus kamu pahami adalah pintu kayu solid konvensional terbuat dari papan kayu yang melalui proses olahan hingga menjadi sebuah pintu. Kemudian solid engineering door terbuat dari proses produksi lalu pengolahan kayu solid dan membutuhkan waktu yang lama hingga menjadi pintu.

Kelebihan Dari Solid Engineering Door di Rumahmu

Solid engineering door mempunyai dua bagian penting. Diantaranya pada bagian dalam terdapat rangka kayu padat dan tebal. Kemudian pada bagian sampingnya kamu bisa menggunakan lapisan particle board atau menggunakan plywood.

Sedangkan pada bagian luar terdapat High Pressure Laminate atau finishing pintu yang berupa kayu olahan yang telah terlaminasi seperti yang kamu lihat dikebanyakan furniture. Nah jika kamu bingung, berikut ini lebih jelasnya kelebihan dari solid engineering door :

  • Kestabilan Pintu Terjaga

Jika kamu menggunakan pintu solid ini, maka pintu tidak akan mudah susut. Karena solid engineering door isinya potongan kayu kecil yang bisa kering dengan mudah. Jika potongan ini direkatkan sifatnya akan menjadi satu kesatuan yang utuh sehingga sulit menyusut ataupun melengkung.

  • Bisa Bebas Dari Rayap

Jika kita perhatikan kayu konvensional biasanya, seringkali kita menjumpainya keropos karena mungkin tahapan prosesnya ada yang salah sehingga termakan rayap. Nah enaknya kalau kamu menggunakan pintu solid ini adalah kamu bisa bebas dari rayap dan tahan terhadap air juga.

  • Bisa Kamu Kombinasikan Dengan Mudah

Bisa kamu buat kombinasinya dengan mudah, misalnya dengan bahan metal, kacal, plastik dan lain sebagainya. Sehingga kamu pun bisa berkreasi sebagus mungkin, dan kamu juga bisa membuat pintumu beda dari kebanyakan pintu.

  • Mempunyai Tampilan yang Menarik

Pintu jenis ini punya banyak pilihan lapisan veneer atau High Pressure Laminate sehingga kamu bisa pilih tampilan yang sesuai dengan desain ruanganmu.

  • Lebih Ramah Lingkungan

Karena kayunya tidak 100% dari alam tentu menjadi lebih ramah lingkungan apalagi salah satu bahannya adalah limbah kayu dan lem perekat sehingga tidak beracun.

Kekurangan dari Solid Enggineering Door di Rumahmu

Selain kelebihan solid engineering door yang harus kamu perhatikan kamu juga tidak boleh menutup mata dari kekurangannya, diantaranya :

  • Proses Trimming Terbatas

Artinya pintu ini tidak bisa kamu trimming atau penyerutan bagian pinggirnya. Penyerutan hanya bisa kamu lakukan di bagian samping itu pun tidak lebih dari 5mm kanan kirinya. Hal ini karena pintu ini terbuat dari potongan kayu kecil yang disusun.

  • Susunan Kayu Bisa Retak

Jika kamu menggunakan lem yang kualitasnya rendah, tentu potongan kayu yang kamu gunakan menjadi lebih mudah retak.

  • Veneer Bisa Terlepas

Jika rumah kamu lembab atau pintu sering terkena ari, maka veneer akan mudah terlepas dari pintu. Maka kamu harus perhatikan betul tingkat kelembaban ruangan agar tampilan veneer tetap terjaga.

Nah itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari solid engineering pintu. Kalau kamu, mau pilih yang mana? Di Citra Kayon kamu bisa pilih metode finishing yang kamu suka, diantaranya kamu bisa pilih metode melamik, cat duco, dan yang terakhir veneer itu tadi. Kamu bebas pilih yang mana, usahakan sesuai dengan kebutuhan ruangan yang mau kamu pasang pintunya yaa.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *