evolusi sistem pembayaran

Mengenal Evolusi Sistem Pembayaran dari Barter Hingga Virtual

Évolusi sistem pembayaran menjadi hal yang menarik untuk kita bahas saat ini. Karena perbedaan yang terjadi cukup signifikan. Dulu mungkin masyarakat baik di Indonesia maupun negara lain tidak pernah terpikirkan kalau pembayaran bisa dilakukan secara online. Tapi nyatanya di dunia digital yang berkembang sekarang hal tersebut sudah menjadi kegemaran masyarakat.

Jika kita melihat perkembangan sistem pembayaran di Indonesia hingga tahun 2023 ini kita bisa melihat perubahannya dari waktu ke waktu. Dimulai dengan sistem pembayaran barter, uang kartal, uang giral, uang elektronik, platform, hingga virtual currency. Kesemuanya sudah pernah dan sedang berlaku di Indonesia. Sebagai masyarakat kamu pakai sistem pembayaran yang mana sih?

Nah tentunya evolusi sistem pembayaran tidak bisa kita lepaskan dari peran bank konvensional maupun bank digital, seperti BRIAPI atau BRI Application Programming Interface. Sebelum kita bahas lebih jauh terkait perannya di sistem pembayaran di Indonesia. Kita bahas dulu bagaimana evolusi sistem pembayaran terjadi.

Tahapan Evolusi Sistem Pembayaran di Indonesia

Tidak berbeda jauh dengan sistem pembayaran dunia, evolusi sistem pembayaran yang terjadi di Indonesia dimulai dari barter, kemudian tunai hingga pembayaran non tunai.

  • Barter

Jika kamu tanya orang jaman dulu kalau ingin membeli barang pembayarannya pakai apa pasti mereka akan menjawab dengan menukar barang yang mereka punya. Inilah sistem pembayaran yang kita kenal dengan istilah barter.

Sistem pembayaran ini bisa kamu gunakan apabila kedua belah pihak secara sah menukar barang yang mereka miliki dengan asas saling membutuhkan. Nah yang terpenting nilainya harus sama dan tidak ada yang dirugikan.

  • Uang Kartal (Fisik)

Evolusi sistem pembayaran berikutkan berkembang ke uang kartal atau uang fisik yang diproduksi, transaksinya dalam jumlah besar dan sudah di atur oleh bank sentrar.

Uang kartal merupaka alat pembayaran sah dan bisa kamu gunakan saat jual beli. Nah macamnya ada dua yaitu uang kertas dan uang logam, sampai sekarang pun Indonesia masing menggunakan alat pembayaran ini.

  • Uang Giral

Uang giral merupakan uang dengan paper based bisa berupa cek, giro, nota debet ataupun kredit. Nah uang ini dalam pemakaiannya bisa kamu tukar menjadi uang kartal atau tunai sehingga lebih fleksibel.

Agar kamu bisa menggunakan sistem pembayaran giral kamu harus lewat lembaga kliring resmi yaitu Bank Indonesia. Bisa juga dengan bank umum lain yang memang sudah ditunjuk oleh BI.

  • Uang Elektronik

Kalau uang elektronik berarti pembayaran atau transaksi berlangsung menggunakan kartu, entah itu kartu kredit, debit, e-money dan sebagainya. Pembayaran dengan sistem ini memang belum bisa kamu lakukan di semua tempat di Indonesia yaa, hanya berlaku di tempat yang menyediakan mesinnya.

  • Platform

Selanjutnya masuk ke tahap pembayaran bisa lewat platform, dimana pembayaran bisa kamu lakukan lewat internet banking, mobile banking, atau bisa juga dengan e-wallet. Serta startup fintech yang menyediakan layanan jasa keuangan, sehingga transaksi bisa kamu lakukan dengan mudah dimana saja.

Salah satunya yang bisa kamu manfaatkan layanannya adalah BRIAPI dengan layanan open banking-nya. Dimana telah terintegrasi dengan berbagai fintech seperti OVO, DOKU, Shopee dan sebagainya. Bahkan kamu bisa menemukan layanan BRI Direct Debit dan juga BRIVA di aplikasi fintech tersebut. Karena harapannya nasabah bisa termudahkan untuk bertransaksi disana.

  • Virtual Currency

Yang terakhir dan sedang berkembang pesat adalah virtual currency dimana uang virtual ini bisa kamu transaksikan lewat internet. Tanpa ada batasan baik wilayah maupun negara. Seringkali kita jumpai dalam kegiatan trading saham online, aktvitas di forex atau kalau kamu mau belanja di luar negeri.

Mata uang virtual yang digunakan pun beragam bisa Stellar, yang paling umum Bitcoin, lalu ada Ethereum dan sebagainya. Pastikan kalau kamu menggunakannya kamu tau mana yang memang mendapat dukungan penuh dari BI. Agar transaksi pun bisa belangsung lebih aman dan uang kamu pun bisa berkembang dengan baik.

Itulah tadi berbagai tahap perkembangan evolusi sistem pembayaran yang telah terjadi di Indonesia. Sudah kah kamu mencoba semua jenisnya? Jika belum kamu bisa coba dulu menggunakan BRIVA dari BRIAPI yang sudah terintegrasi dengan OVO, Shopee, DOKU, lembaga pendidikan dan UMKM untuk memberikan pengalaman bertransaksi secara online.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *