obat pengencer dahak

Tips Memilih Obat Pengencer Dahak Agar Efektif

Dalam pemilihan obat pengencer dahak kamu tidak bisa sembarangan. Sebaiknya sesuai dengan jenis, penyebabnya, usia, maupun kondisi medis spesifik lainnya. Dengan begitu kandungan pada obat tersebut bisa lebih menyasar dan kamu pun bisa lebih cepat sembuh.

Karena tidak bisa pungkiri jenis batuk itu bermacam-macam, bisa diklasifikasikan berdasarkan durasi, kualitas, karakter maupun waktu terjadinya. Berdasarkan durasi, batuk akut bila datangnya mendadak dan berlangsung selama 3 minggu. Kemudian sub akut bila terjadinya 3 sampai 8 minggu. Dan kronis jika sudah berlangsung dan lebih dari 8 minggu.

Selain itu batuk juga bisa kita bedakan lagi menjadi batuk kering dan berdahak. Kedua jenis tersebut pasti akan sangat mengganggu sehingga penggunaan obat juga harus sesuai yaa dengan gejala yang muncul.

Macam-Macam Obat Pengencer Dahak yang Efektif

Untuk meredakan dahak selain meminum jahe kamu juga bisa dengan mengkonsumsi obat pengencer dahak. Nah obat batuk berdahak bisa dibedakan lagi menjadi dua jenis, diantaranya :

  • Ekspektoran

Obat batuk jenis ekspektoran merupakan obat batu yang tujuannya untuk meningkatkan sekresi mucus yang ada di saluran pernapasan sehingga iritasi pun bisa berkurang. Selain itu dengan ekspektoran akan terbentuk massa dahak sehingga dahak yang ada di tenggorokan bisa keluar dengan lebih mudah. Adapun obat batuk yang termasuk ekspektoran adalah ammonium klorida, guaifenesin atau gliseril guaiacolate/GG, dan natrium sitrat.

  • Mukolitik

Mukolitik merupakan obat batuk berdahak yang bisa mengencerkan dahak atau mengurangi viskositas dari dahak tersebut sehingga bisa kita keluarkan dengan mudah. Obat-obatan yang masuk golongan mukolitik juga bisa mengurangi eksaserbasi yang ada pada penyakit paru obstruktif kronis.

Apabila kamu menggunakan obat ini sudah selama 4 minggu ada baiknya untuk menghentikannya karena obat ini juga punya efek samping yang bisa juga membahayakan organ tubuh lainnya. Nah obat pengencer dahak golongan mukolitik diantaranya ada Erdosteine, Acetylcysteine, Carbocysteine, Guiafenesin, Bromhexin, Iodinated glycerol, Ambroxol. Selain itu ada juga Mecysteine dan Dornasealfa.

Nah yang perlu kamu ingat obat jenis ekspektoran dan mukolitik bisa merusak sawar mukosa dari lambung. Sehingga bagi mereka yang mempunyai asam lambung harusnya lebih berhati-hati ketika mengkonsumsi obat ini. Biasanya dokter akan menyarankan kamu untuk mengkonsumsinya setelah makan ataupun bersamaan ketika kamu makan.

Hal-Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Mengkonsumsi Obat Batuk

Saat seseorang sakit batuk biasanya akan disertai dengan deman dan flu. Maka banyak orang ketika beli obat bebas atau non resep menggabungkan beberapa produk. Jika kamu mengkonsumsi obat dari beberapa produk ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan yaitu :

  • Sebaiknya pilihlah produk yang kandungan zat aktifnya tidak sama. Artinya hindari pemilihan produk yang zat aktifnya sama. Misalnya jika obat batuk kamu sudah mengandung Paracetamol ada baiknya pada obat flu atau obat lain tidak mengandung paracetamol juga.
  • Teliti zat aktif pada produk yang akan kamu konsumsi, jangan sampai bertentangan dengan kondisi medis kamu secara keseluruhan. Oleh karena itu jika obat yang kamu konsumsi menyebabkan peningkatan detak jantung, insomnia, kegelisahan dan efek medis lainnya maka perlu kamu hentikan penggunaannya.
  • Pemakaian harus sesuai dengan anjuran dosis agar tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan kondisi tubuh kita.
  • Jika memang memilih obat bebas atau tanpa resep sebaiknya mintalah saran pada apoteker yang ada di apotik. Dan pastikan untuk selalu membaca aturan pakai atau dosis agar penyembuhannya bisa lebih maksimal.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika mengkonsumsi obat pengencer dahak dan berlaku pula untuk aturan konsumsi jenis batuk lainnya. Seimbangkan pula dengan minum air yang banyak agar metabolisme tubuh bisa kembali lancar dan sistem kekebalan tubuh terbentuk dengan cepat.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *